Kamis, 19 Desember 2013

PESONA TELUR ASIN KHAS KAMPUNG BEBEK DESA KEBONSARI



PESONA TELUR ASIN KHAS KAMPUNG BEBEK DESA KEBONSARI
Anda pasti tidak asing dengan panganan yang bernama telor asin bukan ?


Tapi apakah anda tau dimana dan bagaimana proses pembuatan telur asin yang lezat itu dibuat.
Bertempat di desa Kebonsari, Kecamatan Candi, Kabupaten Sidoarjo, sebelah selatan dari pusat kota sidoarjo, para petani unggas / itik tersebut membudidayakannya dan menjadi sentra ekonomi penjualan telur asin dengan berbagai macam rasa dan kualitas nasional.
Para peternak disini sudah memulai usahanya sejak tahun 1990 silam, dan pada tahun 2007  bupati Sidoarjo yang pada waktu itu dipimpin oleh bapak Win Hendarso meresmikannya menjadi Kampung Bebek, sehingga membuat desa Kebonsari ini terkenal dengan julukan Kampung Bebek.
Kali ini kita akan mengunjungi salah satu peternak yang sukses dalam mengolah telur asin menjadi telur asin yang berkualitas dan lezat.

Pak Sulaiman dan Hewan Ternaknya

Pak sulaiman memulai karirnya sebagai peternak unggas sejak tahun 1997 hingga sekarang tetap bertahan menjadi peternak itik. UD. ADON JAYA adalah nama usaha yang membawanya menjadi peternak yang sukses.


Jangan salah, berkat usahanya telur asin yang rasanya hanya itu – itu saja oleh pak Sulaiman direasikan  menjadi beraneka macam rasa, salah satunya telor asin rasa kepiting, rasa bawang, udang dan rasa ikan Salmon. “Hal ini dikarenakan telur bebek hasil desa ini terkenal kelezatannya dibandingkan dari daerah lain sehingga memacu para peternak untuk berinovasi,” tutur Sulaiman.



Tak hanya itu pemberian pakan juga menjadi faktor yang mempengaruhi rasa dan kualitas dari telur itu sendiri, pak sulaiman memberikan pakan pada unggas nya salah satunya dengan campuran kepala udang dengan kupang ( kerang kecil khas Sidoarjo ) dan itu yang membuat kandungan protein pada butir telur sangat tinggi.
Saat ini, setiap harinya minimal pak Sulaiman bisa menjual antara 700 sampai 1000 butir telur, kebanyakan para pembelinya yang langsung datang sendiri ke desa mereka. Satu butir telur matang harganya Rp 2.000, yang diasap Rp 3000 selain itu pak Sulaiman menyediakan paket untuk pembelian telurnnya dari harga Rp 15.000 untuk 4 telur aneka rasa dan Rp 30.000 untuk 10 telur aneka rasa. Harga di sini memang sedikit lebih mahal dari daerah lain, tapi kualitas telur mereka sangat bagus. Dijamin
Tak hanya itu pak sulaiman juga membuat packaging yang unik dan menarik misalnya dengan melapisi telur asin dengan kertas aluminium foil berwarna emas dan perak agar terlihat lebih cantik dan menarik konsumen di semua kelas.


Hambatan yang biasa dihadpi antara lain harga pakan yang mahal juga harga bahan baku bawang yang kadang melonjak naik, selain itu bebek – bebek ini tidak boleh terkena suara bising atau missal kalu musim penghujan seperti ini suara petir bisa menyebabkan bebek – bebek tersebut tidak mau bertelur, jadi sebisa mungkin suasana kandang harus jauh dari jalan raya.
Jika anda kebetulan berada atau berkunjung ke kota Sidoarjo dan mencari oleh – oleh telur asin aneka rasa yang lezat, langsung saja datang ke UD. ADON JAYA milik pak Sulaiman yang berlokasi di desa Kebonsari RT 05/01 Kecamatan Candi, Kabupaten Sidoarjo atau bisa menghubungi di no telfon berikut ini : 031 – 71488424 hp : 085732429040, 081259593341


1 komentar:

  1. Kacang Mete Pedas dan Original Siap Saji
    Murah Berkualitas
    klik disini
    http://mete-goreng.blogspot.com/

    BalasHapus