Kamis, 19 Desember 2013

UKM RENGGINANG RASA - RASA

UKM RENGGINANG RASA – RASA 




Mengenal desa kebonsari tidak hanya terkenal dengan produk telor asin nya saja, adapun salah satu UKM yang juga menjadi primadona di Kabupaten Sidoarjo khususnya di desa Kebonsari Candi, yakni produk panganan ringan yang renyah dan gurih yang bernama rengginang.
Beralamat di dusun somban lor desa kebonsari ini ibu Hj. Yulia 48 tahun, membuka usaha rumahan yang memproduksi rengginang tersebut, bertempat dirumahnya ini ia bersama suami dan 6 orang karyawannya setiap hari membuat makanan ringan berbahan beras ketan ini.




Usaha pembuatan rengginang ini dilakukannya sejak tahun 1997, “ dulu ya awalnnya coba – coba bikin, eh banyak yang suka … ya uda kemudian bikin agak banyak dan alhamdulillah bisa bertahan sampai sekarang ”. ujar mbak lia (sapaan akrab).
Keunikan dari rengginang buatan mbak lia ini antara lain ada beberapa rasa – rasa, yakni rasa asin, bawang, trasi, pedas, dan rasa udang. Maka tak heran konsumen sangat suka dengan varian rasa yang dapat dipilih sesuai selera.
 Tak hanya itu rupa – rupanya produk rengginang ini mampu menembus pasar internasional, yakni barcelona, belanda, singapura, Malaysia, dan arab Saudi ujar ibu dua orang anak ini. Sungguh hal yang membanggakan.




Hambatan yang sering dihadapi adalah harga bawang putih yang kadang melonjak naik, kemudian musim hujan yang membuat proses penjemuran rengginang menjadi agak lama dari biasanya. 


Harga yang sangat terjangkau membuat produk ini sangat dicari oleh konsumen untuk per packnya mbak lia membandrol Rp. 10.000 saja, bagi yang berminat silahkan saja datang ke kediaman beliau yang beralamat di desa Kebonsari RT 01/O3 kecamatan Candi, Sidoarjo. Atau juga bisa menghubungi di No telfon 031 – 8055048



Untuk yang berada di kawasan kota Sidoarjo atau yang kebetulan berkunjung ke sidoarjo bisa datang langsung ke toko Udang Biru, Tanjung di jalan Mojopahit, di sana juga di jual produk rengginang kreasi ibu Yulia. 


1 komentar: